Perawatan Kesehatan

 

• Memilih Dokter Hewan ( Drh.)

• Vaksinasi / Imunisasi

• Internal and external parasites

• Apa yang perlu diperhatikan

• Perawatan kesehatan yang bisa Anda berikan

• Mandi, menyikat dan menyisir

• Menggunting kuku

• Menghindari kecelakaan

• Keracunan

• Pemandulan dan pengebirian



Perawatan Kesehatan  

Dalam halnya cinta dan nutrisi yang cukup, hewan peliharaan Anda akan bergantung pada Anda untuk perawatan kesehatan yang cukup. Dengan perhatian medis yang tepat, yang paling penting adalah sehat dan kokoh. Tanpa itu, mereka-dan Anda-akan menderita.


Memilih Drh.

Bahkan sebelum Anda memilih anjing atau anak anjing, pilih dokter hewan Anda. Dapatkan rekomendasi dari teman dan kemudian mengunjungi satu atau dua dokter hewan. Karena persyaratan sekolah dan perizinan, semua dokter hewan-kecil cenderung berkualitas baik dalam hal keahlian profesional, mendiagnosa dan mengobati penyakit. Tapi mereka tidak mungkin mendapatkan pelatihan banyak dalam hal tentang gizi . Seringkali, toko hewan peliharaan lebih profesional di bidang ini.

Faktor-faktor yang sebenarnya membedakan antar dokter hewan adalah lokasi kantor, jam kerja, keahlian dan biaya   . Anda harus mencari dokter hewan yang bisa menaruh perhatian dan minat terhadap hewan kesayangan anda, dan bisa meluangkan beberapa menit untuk menjelaskan sesuatu. Tidak peduli bagaimana keahlian teknis, mungkin tidak akan selalu memuaskan.


Vaksinasi / Imunisasi

Jika hewan peliharaan Anda belum diimunisasi sebelum ia bergabung dengan keluarga Anda, dia akan memerlukan suntikan untuk melindungi dirinya dari berbagai bahaya, termasuk distemper anjing (penyakit virus biasanya berakibat fatal), hepatitis anjing (penyakit virus pada hati), parvo virus (virus usus berbahaya), leptospirosis (yang mempengaruhi hati dan ginjal), batuk kennel (kumpulan dari selusin atau lebih virus-virus jahat yang setara dengan pilek manusia) dan paling mematikan dari semua - rabies. Suntikan rabies pertama diberikan pada tiga sampai lima bulan, dan baik untuk satu tahun. Setelah tahun pertama, suntikan rabies dapat diberikan setiap tiga tahun sekali.

Jelas, imunisasi rabies adalah penting, tetapi jangan berhenti di situ. Dapatkan semua suntikan yang dianjurkan dokter, sebagian besar penyakit lain yang berpotensi fatal dan aturlah jadwal untuk kunjungan kembali sampai suntikan lengkap.


PARASIT INTERNAL DAN EKSTERNAL

Kucing dan Anjing rentan terhadap parasit internal dan eksternal. Di antaranya:

• Cacing Hati (Heartworms) : ditularkan oleh gigitan nyamuk dan berada di jantung hewan peliharaan atau dekat pembuluh darah utama. Hewan yang terinfeksi tidak memiliki energi dan mungkin memiliki batuk kronis. Pencegahan jauh lebih mudah daripada mengobati, jadi bertanya kepada dokter jika anjing Anda perlu diobatin selama musim nyamuk.

• Cacing tambang (Hookworms) :  ditularkan dari induk ke bayi sebelum lahir atau selama menyusui. Parasit ini mengikatkan diri pada dinding usus kecil, dan menguras energi hewan peliharaan yang menyebabkan anemia (kurang darah) dan hilangnya nafsu makan. Sebuah pup hitam, seringkali dengan jejak darah adalah salah satu gejala lainnya.

• Cacing Gelang (Roundworms) : yang juga dapat menular dari induk ke bayi sebelum lahir atau selama menyusui. Bayi terinfeksi biasanya mengembangkan potbellies; penyebaran larva melalui tubuh menyebabkan dehidrasi, diare, pneumonia, pertumbuhan terhambat dan muntah.

• Cacing pita (Tapeworms) : yang dikontrak ketika kutu hewan peliharaan menelan larva-sarat. kutu.

 

• Cacing cambuk (Whipworms) : yang menyebabkan diare, radang usus kronis, lendir dalam tinja, dan akhirnya penurunan berat badan.

Flea : Umumnya menetap di kucing dan berjalan cepat. Parasit eksternal yang paling umum adalah serangga pengisap darah tak bersayap, dan yang paling umum ini adalah flea. Gejala terus menerus menggaruk dan hilangnya bulu. Seiring waktu, kutu telah menjadi kebal terhadap beberapa produk pengontrol kutu. Bertanyalah kepada Drh. atau toko hewan mengenai cara penanganan yang efektif. Pastikan Anda membaca dan ikuti petunjuk label dengan hati-hati.

 

Lice : Memiliki 6 kaki dan berjalan cepat. Kurang umum daripada flea dan biasanya lebih mudah untuk dikontrol. Dapatkan rekomendasi dari Drh. dan  toko hewan peliharaan. Ikuti petunjuk label dengan hati-hati.

 

 

 

 How to Prevent Lyme Disease From a Tick Bite

Tick : Umumnya menetap di anjing dan berjalan lambat. Jauh lebih berbahaya daripada flea karena mereka dapat menularkan penyakit Lyme, Rocky Mountain (Demam Berbintik / Demam Kutu /Tifus Kutu adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh Rickettsia ricketsii dan ditularkan kepada manusia melalui gigitan kutu) dan penyakit serius lainnya. Kutu harus dibuang dengan hati-hati, satu per satu dengan pinset. Hal terbaik adalah dilakukan sendiri tanpa perlu petunjuk dari dokter. Jika Anda mengangkat kutu, pastikan untuk menenggelamkan dalam air atau sabun, untuk memastikan tidak ada  gigitan lebih lanjut.


 

Apa yang perlu diperhatikan

 

Di antara kunjungan ke dokter hewan, Anda harus secara teratur memeriksa anjing Anda. Yang harus diperhatikan:

• Diare : ini paling sering disebabkan oleh diet yang tidak tepat tetapi bakteri, virus, parasit dan bahkan alergi makanan adalah penyebab lainnya. Dalam hal apapun, konsultasikan dokter hewan secepat mungkin. Drh mungkin akan menyarankan Anda memberlakukan atau memaksakan moratorium 24-jam makan pada anjing Anda, kemudian melanjutkan makan makanan anjing yang berkualitas tinggi saja. Jika diare masih berlanjut atau berlangsung selama lebih dari 24 jam, saatnya untuk mengunjungi dokter hewan lagi.

 

• Muntah: Reputasi anjing untuk makan apa saja yang layak, dan biasanya muntah hanya caranya menyingkirkan sesuatu yang dia tidak seharusnya ditelan di tempat pertama. Jadi jangan khawatir tentang insiden sesekali. Tapi jika anjing Anda muntah beberapa kali sehari, penyebabnya mungkin parasit atau masalah serius lainnya - termasuk menelan benda terlarang seperti mainan atau benda plastik kecil. Bawalah ke dokter hewan.

 

• Infeksi mata atau telinga : infeksi biasanya dinyatakan dengan kemerahan, diikuti keluarnya cairan meler karena kemajuan masalah. Jadilah waspada, dan kunjungi dokter hewan Anda sebelum infeksi mencapai titik ini. Ketika infeksi telinga bertambah buruk mereka mungkin berbau busuk, memiliki lucutan yang tidak biasa, atau menjadi merah dan gatal. Awal dari gejala ini mungkin menunjukkan mereka sering atau keras menggeleng kepala. Tungau telinga ( ear mite / kutu telinga yang tidak terlihat dengan mata telanjang) juga dapat menyebabkan gejala ini.

 

• Gigi menguning atau kecoklatan : Hal ini disebabkan oleh endapan karang gigi, yang dapat menyebabkan iritasi pada gusi atau bahkan perdarahan, air liur, bau mulut dan penurunan dratis dalam makan. Memakan makanan anjing kering adalah cara yang paling efektif untuk meningkatkan kesehatan gigi pada anjing Anda karena makanan kering bertindak sebagai pembersih gigi alami. Bahkan lebih efektif biskuit keras. Pastikan untuk membahas profer menyikatan dan teknik kebersihan gigi dengan groomer Anda atau dokter hewan.

 

• Gejala lain : Pada setiap tahap kehidupan anjing anda, perhatikan perubahan seperti kesulitan dalam makan, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan tiba-tiba atau peningkatan, bau mulut, air liur, bulu rontok atau kusam, perubahan kondisi kulit, mata merah atau berair, hidung meler, sesak napas, darah dalam urin atau tinja, kesulitan dalam buang air kecil, perilaku lesu atau tidak biasa dan suhu lebih tinggi dari normal (normal untuk anjing 38ºC ~ 39.2ºC). Hubungi dokter hewan anda dan bersiaplah untuk segera membawa anjing Anda untuk pemeriksaan.

 

Perawatan kesehatan yang dapat Anda berikan

Ada banyak prosedur perawatan kesehatan yang bisa Anda lakukan sendiri. Anjing Anda mungkin tidak selalu menunjukkan rasa terima kasihnya, tapi yakinlah bahwa di dalam hatinya ia masih mencintai Anda:

• Pil : anjing dapat benar-benar sembarangan memakan ketika mengobrak-abrik tong sampah namun tidak akan memakan pil sekecil apapun yang tersembunyi di piring makan. Jadi tempatkan  satu tangan di atas moncongnya, dengan jari dan jempol melilit mendorong bibir atas di atas giginya. Pegang pil antara ibu jari dan jari telunjuk dan gunakan jari tengah Anda untuk membuka mulut anjing anda. Masukkan pil sedalam mungkin di dalam lidah. Kemudian tutup mulut dan pegang mengunci sementara lembut memijat/menggosok tenggorokan secara perlahan-lahan beberapa kali sampai dia menelannya . Jika metode ini sulit diterapkan, berikan obat dengan diselipin/disembunyiin ke dalam makanan favorit dia.

 

• Cairan : Masukkan jarum suntik plastik (tentu saja jarumnya dibuang) di sudut mulut antara pipi dan gigi geraham belakang. Kemudian perlahan menyemprot obat ke dalam, pastikan dia menelannya.

 

• Tetes mata dan salep : dengan satu tangan, memegang kepala anjing anda tegas, menggunakan jari telunjuk dan jempol untuk memegang membuka kelopak mata.Berikann tetesan atau salep dengan tangan lainnya, Berhati-hati untuk tidak menyentuh/mengenai matanya dengan jari-jari Anda, tabung atau penetes.

 

• Obat tetes telinga dan salep : Sekali lagi, memegang kepala dengan satu tangan dan teteskan atau salepin dengan tangan lainnya. Jika obat ini dimaksudkan untuk saluran/kanal telinga, gosok telinga dengan lembut untuk membantu mendorong masuk.

 

Mandi, menyikat dan menyisir

Mandi anjing bisa menjadi suatu tantangan, dan ini penting bahwa mandian pertama hewan peliharaan Anda menjadi pengalaman yang menyenangkan baginya. Untuk memastikan mandi di masa depan berjalan lancar, pertimbangkan untuk yang pertama kalinya dimandiin oleh groomer profesional.

 

Jika Anda memutuskan untuk melakukan pekerjaan sendiri, gunakan baskom, bak mandi, wastafel yang dalam, bak cuci, panci piring plastik, atau bahkan yang besar, ember dangkal. Apapun yang Anda pilih, harus ukuran yang sesuai untuk anak anjing atau anjing Anda, tidak terlalu dalam, tapi tidak dangkal. Masukan tikar karet atau handuk di bagian bawah dan isi dengan air hangat. Pegang anjing anda sangat tegas dan tempatkan ke dalam air. Basah dia, mulai dari kepala sampai ke ekornya. Selanjutnya, tuangkan shampo hewan dan gosok/sikat sampai merata dan berbusa sampai anjing bersih. Ada berbagai sampo khusus untuk anjing, dokter hewan Anda atau toko profesional dapat memberikan rekomendasi. Hindari shampoo terkena mata atau masuk ke dalam telinga. Semprotkan dengan selang air atau bilas dua kali dengan air hangat. Keringkan dengan handuk atau pengering rambut tapi jangan bersuhu panas.Jika di luar dingin, pastikan anjing Anda tetap dalam rumah sampai bulunya benar-benar kering.

 

Jangan lupa untuk sikat dan sisir hewan peliharaan Anda secara teratur, terutama sebelum Anda memandikannya. Kebanyakan anjing suka disikat, dengan asumsi Anda menggunakan alat yang tepat untuk bulu anjing Anda. Untuk anjing berambut panjang gunakan sikat lembut dengan sikat bulu alami dan sisir bergigi lebar. Rambut pendek membutuhkan sikat bulu lembut atau menengah. Selalu penyikatan yang pertama diikutin dengan penyisiran.

 

Gunting kuku

Anjing Anda perlu sesekali dipotong kukunya. Periksa kaki secara teratur untuk memastikan mereka bersih dan bebas dari kotoran. Biasakan menyentuh/memegang telapak kakinya akan memudahkan guntingan kuku pada waktunya. Menggunting kuku dapat dilakukan dengan baik dalam beberapa kali latihan. Anda mungkin dapat melihat dokter hewan atau salon melakukan ini sekali atau dua kali sebelum mencobanya sendiri.

 

Posisi terbaik adalah berlutut di lantai dengan menghadap anjing Anda. Pegang telapak kaki depan yang erat, hanya gunakan guntingan kuku yang dijual di toko hewan peliharaan, potong ujung kukunya. Potong bagian kecil hanya sesekali. Jika Anda mengguntingnya terlalu banyak, Anda akan memotong daging dibagian kuku yang akan menyebabkan perdarahan dan menyakitkan bagi anjing Anda. Daging dibagian dalam kuku adalah pembuluh darah yang tumbuh bersamaan dengan kuku anjing Anda. Jika anjing anda memiliki kuku berwarna terang, Anda bisa dapat melihat daging atau pembuluh darah dengan mudah. Jika anjing anda memiliki kuku berwarna gelap, gunting bagian kecil sesekali waktu. Atau Anda mungkin ingin dokter hewan atau groomer untuk melakukan pemotongan.

 

Menghindari kecelakaan

Seperti orang, hewan peliharaan dapat terluka serius karena kecelakaan. Masa kecil anak anjing adalah waktu yang harus diantisipasi dalam insiden. Kecelakaan mobil cenderung terjadi jika anjing Anda keluar/kabur dari pagar. Anda dapat menghindari luka bakar atau guncangan dengan memastikan kabel listrik berada di luar jangkauan anak anjing anda jadi dia tidak dapat menggigitnya and mengajarin anjing Anda supaya tidak berdiri di dekat kompor sementara Anda sedang memasak. Jangan pernah meninggalkan anjing anda di area kolam renang tanpa pengawasan. Jika hewan peliharaan Anda telah terluka, buru-buru bawa ke dokter hewan segera. Tempatkan handuk di atasnya untuk membuatnya hangat. Gunakan perban kasa atau sepotong kain yang bersih (seperti sapu tangan) untuk meminimalkan kehilangan darah dari luka.

 

Dalam kasus tenggelam atau sengatan listrik (seperti yang disebabkan oleh gigitan melalui kabel listrik) anjing Anda mungkin bisa berhenti pernafasan. Adalah ide yang baik untuk mendapatkan latihan CPR sebelum kejadian itu terjadi.

 

Keracunan

Antibeku otomotif, insektisida, coklat dan tanaman tertentu dalam dan luar ruangan semuanya dapat meracunin anjing. Sayangnya, keracunan adalah sulit untuk diagnosa kecuali Anda menyaksikan insiden tersebut. Jika Anda menyaksikannya, bawalah sampel racun ke dokter hewan jika mungkin. Dalam hal apapun, bungkus anjing dengan handuk atau selimut untuk melawan shock, dan segera bawa dia untuk bantuan medis.

 

Pemandulan dan pengebirian

Apakah anjing saya harus dimandulkan atau dikebiri? Jawabannya balik kepilihan masing-masing pemilik. Tapi ada baiknya dikebiri sebagai pemilik anjing yang bertanggung jawab dan penuh kasih, Anda ingin memastikan bahwa tidak ada anak anjing yang tidak diinginkan dibawa ke dunia. Selain itu, Anda dan anjing Anda akan jauh lebih bahagia setelah prosedur tersebut. Jantan yang dikebiri memiliki insiden lebih rendah kanker testis. Dan betina yang dimandulkan sebelum usia dua tahun jarang terjadi kanker payudara (yang dinyatakan merupakan penyakit yang relatif umum dari penuaan anjing betina.)

 

Operasi untuk jantan sangat sederhana dan Anda dapat menjemputnya atau membawa pulang pada hari yang sama. Perempuan mungkin memerlukan tinggal di rumah sakit semalam diikuti oleh beberapa hari istirahat di rumah.